Jumat, 10 Juni 2016

DASAR ROUTING

DASAR TEORI

Untuk menggabungkan 2 jaringan atau lebih diperlukan sebuah perangkat yang disebut dengan Router.

Router
Router merupakan perangkat keras maupun perangkat lunak yang digunakan untuk menghubungkan 2 atau lebih jaringan yang memiliki perbedaan Network.
Pada perangkat kerasnya, router dapat memiliki banyak interface yang digunakan. Interface ini nantinya yang akan berfungsi sebagai penghubung masing-masing jaringan yang.

Default Gateway
Router adalah komputer general purpose (untuk tujuan yang lebih luas) dengan dua atau lebih interface jaringan (NIC Card) di dalamnya yang berfungsi hubungan 2 jaringan atau lebih, sehingga dia bisa meneruskan paket dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Untuk jaringan kecil, interface-nya adalah NIC Card, sehingga router mempunyai 2 NIC atau lebih yang bisa menghubungkan dengan jaringan lain. Untuk LAN kecil yang terhubung internet, salah satu interface adalah NIC card, dan interface yang lain adalah sembarang hardware jaringan misal modem untuk leased line atau ISDN atau koneksi internet ADSL yang digunakan.

Router bisa dibuat dari komputer yang difungsikan sebagai router, jadi tidak harus hardware khusus misalnya cisco router. Default gateway dari suatu jaringan merupakan sebuah router yang digunakan untuk meneruskan paket-paket dari jaringan tersebut ke jaringan yang lain.
Biasanya LAN dikonfigurasi hanya mengetahui LAN miliknya dan default gatewaynya. Jika dalam suatu LAN tidak ada default gateway-nya maka LAN tersebut tidak bisa terkoneksi dengan jaringan lainnya. Jadi supaya dapat melakukan routing maka setting/Konfigurasi jaringan perlu ditambahkan satu lagi yaitu default gateway.

Ada tiga parameter yang sangat penting untuk diketahui dalam melakukan konfigurasi terhadap komputer dalam jaringan yaitu;
1. IP Address
2. Netmask/Subnetmask
3. Default Gateway.
4. DNS

Tabel Routing
Supaya router bisa melayani permintaan untuk meneruskan pengiriman data, maka router harus mempunyai tabel yang dipakai sebagai patokan data ini harus saya kirim ke jaringan yang mana? Tabel yang dipunyai oleh router disebut sebagai tabel routing yang berisi NETID dan Default gatewaynya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

ROUTING EIGRP AND ROUTE SUMMARIZATION